Menpora: Gaji PNS Akan Dipotong Untuk Membiayai Rio Haryanto

SebarSebarin.org - Keikutsertaan Rio Haryanto dalam ajang Formula 1 kembali menimbulkan polemik. Setelah gagal mendapatkan dana keikutsertaan balapan F1 dari DPR, kini Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berencana untuk meminta agar gaji setiap PNS di Indonesia dipotong demi membantu pebalap Rio Haryanto berkiprah di ajang Formula 1.



Pemotongan paksa ini disebut sebut sebagai pemaksaan yanng tidak etis dan Menpora diingatkan untuk tidak sembarangan memaksa pemotongan gaji PNS ini untuk sebuah kegiatan olahraga.

“Jangan ada pemotongan gaji, itu tidak etis. Tidak bisa dibenarkan kalau bersifat pemotongan, karena tidak semua setuju dipotong gajinya,”
Source: jateng.tribunnews.com

“Jangan hanya balap mobil yang di Indonesia dikonsumsi oleh kelompok orang super kaya, yang mendapat perhatian pemerintah, sedangkan olah raga yang mencuatkan nama Indonesia, tidak mendapat perhatian,”
Source: jateng.tribunnews.com

Potong gaji PNS demi Rio Haryanto?

Menanggapi pernyataan ini Menpora mengatakan kalau usulan ini sifatnya sukarela dan tanpa paksaan. Langkah ini dimulai dari lingkungan Kemenpora dan diharapkan bisa diteruskan ke lingkungan PNS lainnya.



“Beliau (Menpora) memohon berupa usulan agar (setiap pegawai negeri menyisihkan sebagian gajinya) melalui Kemenpora dulu. Dan nanti kalau diikuti kementerian atau non-kementerian yang lain, beliau akan highly appreciate,”
Source: jateng.tribunnews.com

Penggalangan dana ini dilakukan mengingat kebutuhan dana yang dibutuhkan oleh Rio Haryanto adalah sebesar 15 juta euro (sekitar Rp226 miliar). Sejauh ini Pertamina telah menyediakan 5 juta euro, sehingga pemerintah harus menambal kekurangannya yaitu 10 juta euro -yang akan ditambal dari APBN dan sumbangan masyarakat.

Kemenpora kemudian menjawab dengan penuh semangat “Rio ‘kan putra pertama Indonesia yang masuk FI. Bahkan saat ini satu-satunya di Asia,”
Source: jateng.tribunnews.com

Dia mengharapkan agar masyarakat jangan melihat angka Rp 50 miliar tapi pada dampak keikutsertaan Rio Haryanto dalam ajang seri balapan F1.

Walaupun bukan sebuah paksaan, tapi wacana ini jelas membuat banyak PNS mulai getir, mereka kebanyakan takut kalau gaji mereka akan benar benar dipotong untuk keikutsertaan Rio Haryanto dalam ajang F1.

Tapi beberapa memang ada mendukung langkah Rio, tapi kalau pemaksaan potongan gaji PNS ini banyak yang menolak apabila dilakukan dengan pemaksaan dan jumlahnya sudah ditetapkan. Karena bagaimana pun urusan perut jauh lebih penting daripada Rio Haryanto yang berlaga di F1.

Kalau menurut anda bagaimana? Apakah memang penting dilakukan pemotongan gaji PNS ini?

sumber: hello-pet.com

Subscribe to receive free email updates: